Tips Merawat Piranti Keras pada Laptop


Perlakuan yang kasar dan kurang hati-hati dapat mengakibatkan laptop cepat rusak seperti terkena benturan, jatuh, atau pemakaian yang tidak pada tempatnya. Ada baiknya kiat-kiat berikut ini diterapkan.

1.Peletakan atau Penyimpanan Laptop

a.Sebaiknya tidak meletakkan laptop di lantai agar tidak terinjak, baik itu orang dewasa maupun anak kecil, ditambah lagi jika lantai tersebut juga dilewati binatang peliharaan.

b.Hindari meletakkan laptop pada permukaan yang terlalu empuk, sejenis busa, decron, atau bahan lembut lain yang bisa digunakan untuk kasur, sofa, atau bantal, sirkulasi udara di sekitar laptop menjadi tertutup akibatnya panas yang dihasilkan tidak dapat keluar dengan mudah. Panas yang berlebihan pada laptop atau overheat dapat menyebabkan laptop menjadi lebih lambat. Sebaiknya menggunakan pengusir panas berupa kipas yang dapat diletakkan sebagai alas laptop. Kipas ini mengambil power dari laptop dengan menghubungkan kabel USB. Pendingin laptop yang biasa digunakan adalah Cooler Master, Thermaltake, Targus, belkin, Kinamax, Vantec, dan masih banyak lagi.

c.Selalu tutup laptop jika sedang tidak digunakan, jika perlu gunakan penutup anti debu dari plastik atau simpan dalam tas laptop. Jangan menyisipkan benda apapun di antara keyboard dan layar laptop, bahkan selembar kertas yang terjepit antara layar dan keyboard pun karena dapat menyebabkan kerusakan pada layar, baik itu kerusakan berupa goresan atau kerusakan lain yang lebih berat.

d.Jangan menutup laptop dengan cara membanting, sebab engsel monitor yang terdapat di antara CPU (Central Pocessor Unit) dan layar LCD (Liquid Crystal Display) menerima beban terberat pada laptop. Sehingga hentakan dapat mengakibatkan kerusakan pada bagian ini, baik itu hentakan ketika membuka laptop ataupun pada saat menutup layar ketika selesai menggunakan. Jika terjadi keretakan atau patah pada bagian engsel ini segera perbaiki pada service center resmi agar kerusakan tidak merambat ke bagian lain dari laptop tersebut. Hal lain yang dapat rusak akibat bantingan adalah LCD yang sangat tipis dan mudah pecah sehingga rentan terhadap benturan, tekanan, dan goresan.

e.Gunakan tas khusus laptop untuk membawa laptop, sebab pada tas tersebut terdapat busa pelindung sehingga benda-benda lainnya tidak akan menggores bagian-bagian tertentu pada laptop. Selain itu tas tersebut juga dapat meredam guncangan-guncangan kecil yang terjadi pada saat membawa laptop. Merek-merek tas laptop yang ada antara lain adalah Targus, Polo, Beikin, Hp, Avtech, Co Trek, REI, Hanmde Largo, dan masih banyak lagi. Hindari juga membawa laptop di dalam tas dengan barang yang terlampau penuh, karena akan menyebabkan terjadinya tekanan pada laptop.

f.Temperatur tinggi dapat memperpendek usia laptop, merusak baterai, dan membuat material laptop yang terbuat dari plastik mengkerut sehingga kinerja laptop dapat terganggu bahkan rusak. Sedangkan temperatur yang terlampau rendah juga tidak baik untuk laptop, sebab ketika laptop dioperasikan kembali pada temperatur normal, uap atau embun akan timbul pada bagian dalam laptop dan dapat merusak papan sirkuit laptop.
Hindari kebiasaan meninggalkan laptop di dalam mobil yang diparkir di bawah terik sinar matahari. Hindari pula laptop berada di bawah sorot langsung sinar matahari. Letakkan laptop pada tempat yang nyaman dan aman, hindari sinar matahari langsung apalagi dalam waktu yang relatif lama.
Setiap barang elektronik mempunyai batas minimum dan maksimum terhadap tingkat temperatur yang diperbolehkan dalam pengoperasian laptop. Umumnya para produsen merekomendasikan temperatur antara 5oC – 35oC.

g.Hindari meletakkan minuman atau makanan yang mengandung cairan di sekitar laptop. Sangat berbahaya, karena laptop peka terhadap cairan yang mengenai laptop, misalnya saja cairan yang masuk ke dalam keyboard.
Makanan atau minuman yang menumpahi laptop dapat menyebabkan arus pendek pada rangkaian elektronik di dalam laptop. Pada beberapa merek laptop tertentu seperti Acer, konstruksi laptop memungkinkan cairan mengalir ke bagian dasar tanpa merusak rangkaiannya.
Sebaiknya tidak makan dan minum sambil menggunakan laptop, sebab rawan terkena tumpahan makanan, tangan bekas Anda makan dapat membuat keyboard menjadi lengket dan dapat membuat kotoran mengumpul pada keyboard. Apalagi bagi perokok, abu rokok dapat berterbangan dan masuk ke sela-sela laptop yang mengakibatkan abu tersebut menumpuk di dalam laptop.

h.Amankan benda-benda tajam dari sekitar laptop. Taruh lapisan pelindung di atas keyboard sebelum Anda menutup case, agar layar tak tergores. Apabila Anda hendak berpergian, masukkan laptop pada wadah atau tas yang telah tersedia.

i.Hindari medan magnet di sekitar laptop untuk melindungi data yang ada di dalm hard disk, jangan letakkan benda-benda atau perangkat yang mengandung medan magnet atau electromagnet kuat di sekitar laptop.jika Anda ingin mengakses internet menggunakan fasilitas infrared pada ponsel, letakkan ponsel dalam jarak sekitar 15 cm dari laptop.

j.Lepaskan kabel Ethernet dari laptop pada saat laptop tidak digunakan, apalagi di musim hujan. Hal ini untuk mencegah risiko tersambar petir. Jika hal tersebut terjadi dapat merusak port ethernet laptop Anda, bahkan kerusakan tersebut dapat juga menyerang rangkaian dalam laptop.

k.Letakkan laptop pada posisi mendatar jangan miring. Jangan pindah-pindahkan laptop dalam keadaan menyala. Apabila digerakkan dapat menyebabkan head hard disk menggores silinder sehingga akan berakibat fatal.

l.Gunakanlah Skin Decor. Skin Decor ini memiliki dua lapisan yang terdiri dari lapisan gambar dan lapisan laminasi yang membuat gambar tahan air dan mengkilap. Lapisan gambar menggunakan bahan vehicle vinnyl (anti bubble) yang merupakan bahan impor dari USA. Lapisan ini juga berfungsi sebagai anti gores untuk laptop dan dapat dibersihkan dengan mudah.

2.Membersihkan Laptop

Sebaiknya baca petunjuk cara membersihkan laptop yang sesuai dengan laptop Anda.
Kotoran yang mengumpul di dalam laptop antara lain adalah rambut binatang peliharaan, debu, abu rokok, dan sisa-sisa kotoran lain. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja kipasdan menyebabkan masalah pada port I/O (Input Output).

a.Eksterior Laptop
Tangan yang kotor dan berminyak dapat menyebabkan casing laptop menjadi kusam. Pakailah deterjen yang tidak mengandung zat alkalin dicampur air untuk membersihkannya. Bisa pula dengan pembersih multiguna untuk peranti elektronik, yang biasanya berupa busa.
Gunakan kain yang lembut dan agak lembab seperti kaos katun untuk membersihkan casing laptop tanpa menggunakan cairan keras yang mengandung amonia untuk membersihkan laptop. Jangan menggunakan kain pembersih yang kasar dan jangan menyemprotkan cairan pembersih apapun secara langsung pada laptop, semprotkan cairan terlebih dahulu pada kain pembersih.

b.Layar Laptop
Matikan laptop sebelum membersihkan layar,kotoran lebih mudah terkihat pada saat layar dalam keadaan mati. Gunakan kain yang tidak kasar seperti kaos katun, dan jangan pernah menggunakan tisu atau kertas pembersih. Jangan menggunakan pembersih yang mengandung ammonia karena akan meninggalkan bercak pada layar. Anda dapat menggunakan pembersih khusus layar dalam bentuk semprot atau sikat lembut yang sudah mengandung cairan pembersih khusus layar dan jangan pernah menyentuh layar laptop, apalagi dengan benda tajam.
Gunakan kain lembut yang dibasahi cairan pembersih. Selalu semprot ke kain terlebih dahulu baru menyeka layar secara searah. Ketika menyeka layar jangan menekannya terlalu keras, karena LCD dibentuk oleh cairan kristal sehingga permukaannya tipis dan rapuh.
Anda dapat membuat cairan pembersih sendiri menggunakan air dan isopropyl alcohol dengan komposisi yang imbang. Jangan gunakan cairan pembersih plastik atau glass cleaner sembarangan karena dapat merusak lapisan pelindung yang berfungsi mencegah sinar matahari.
Alat pembersih laptop yang praktis berbentuk batangan juga sudah banyak dijual di Indonesia, yaitu LensPen Laptop yang digunakan untuk membersihkan layar dan keyboard.

c.Drive CD/DVD
Gunakan CD atau DVD pembersih yang dilengkapi dengan cairan pembersih untuk membersihkan Drive CD atau DVD. Anda juga dapat menggunakan cotton bud yang dibasahi dengan alkohol untuk membersihkan head untuk membaca CD atau DVD.

d.Kipas Pendingin
Gunakan pompa udara untuk membersihkan kipas pendingin.

e.Port I/O
Gunakan kain katun penyeka untuk membersihkan kotoran yang telah terkumpul pada port ini. Hati-hati agar kotoran tidak tertiup memasuhi Port I/O. biasanya bagian paling kotor adalah konektor daya dan USB, tapi tidak menutupi kemungkinan konektor COM, Ethernet port dan port kabel telepon juga tertumpuk kotoran.

f.Keyboard
Pakailah kuas dan sapukan ke sela-sela tombol untuk mengeluarkan kotoran, atau gunakan vacuum cleaner portable untuk menyedot debu yang ada. Bersihkan permukaan tombol keyboard dengan kain yang dibasahi cairan pembersih kaca. Gunakan proteksi pelindung keyboard untuk mencegah kotoran. Jangan mengetuk atau mengguncangkan keyboard dengan keras.

3.Pengelolaan Daya Listrik dan Pemeliharaan Baterai

a.Sebaiknya gunakan stabilizer atau stavolt atau UPS (Uninterruptable Power Supply) antara colokan listrik dan laptop ntuk mencegah kemungkinan adanya tegangan listrik yang tidak stabil atau naik turunnya tegangan pada laptop.

b.jika tidak yakin dengan kompatibilitas baterai pengganti atau charger yang digunakan sebaiknya buka kembali buku manual untuk melihat spesifikasi baterai dan charger yang digunakan atau hubungi produsen laptop tersebut.

c.Baterai laptop dapat bertahan selama dua jam tanpa bergantung pada AC Adapter untuk pemakaian normal.

d.Khusus untuk pemakaian baterai pertama kali sebaiknya baterai diisi dan dikosongkan sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut. Jika menggunakan baterai jenis Ni-MH, Anda harus mengosongkan setiap minggu/bulan sekali.
Apabila ingin menyimpan laptop dalam waktu yang lama, sebaiknya lepas baterai dan simpan dalam tempat yang sejuk dan kering, serta memiliki sirkulasi udara yang baik. Agar tidak lembeb, letakkan gel silikon di sebelahnya sehingga terhindar dari jamur. Pada saat Anda ingin menggunakan kembali baterai tersebut, charge baterai dengan cara mengisi dan megosongkan sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut.

e.Jangan mematikan laptop saat lampu indicator hard disk masih berkedip-kedip. Hilangnya daya secara tiba-tiba (misalnya saat laptop dimatikan) akan berakibat kerusakan data atau gangguan kinerja pada hard disk. Jangan sekali-kali mematikan laptop dengan melepaskan power atau baterai. Daya listrik yang mendadak mati dapat meyebabkan hard disk bermasalah.

f.Jangan men-charge baterai terus menerus ketika baterai telah terisi penuh.

4.Amankan Kamera

Sebaiknya juga mematikan fungsi kamera ini jika memang tidak digunakan. Sebab hal ini juga dapat sedikit menghemat daya pada baterai. Dan tambahan lagi jangan membuat foto-foto ‘syur’ dengan kamera laptop. Sebab jika tidak hati-hati, foto Anda tersebar di internet.

5.Amankan Bluetooth dan WiFi

Setelah selesai melakukan transfer file menggunakan Bluetooth atau WiFi, sebaiknya segera non aktifkan kembali fitur ini, baik hardware dan softwarenya. Penggunaan fasilitas seperti WiFi atau Bluetooth akan meningkatkan konsumsi baterai. Salah satu trik untuk menghemat baterai adalah mematikan fungsi-fungsi tersebut. Selain untuk menghemat baterai, dengan mematikan Bluetooth dan WiFi Anda juga dapat terhindar dari tangan-tangan jahil yang ingin mengirimkan virus dari orang tak dikenal yang kebetulan mendeteksi laptop Anda.

6.Jangan Membongkar Laptop Sendiri

Jangan pernah berusaha membongkar laptop sendiri terutama bagi Anda yang masih awam. Bayak bagian-bagian yang sangat kecil yang dari pabriknya saja sudah dirakit dengan menggunakan presisi robot. Jika ceroboh, bisa-bisa malah laptop Anda rusak parah.

Kecuali jika Anda memang ingin memasang komponen-komponen yang peletakannya memang sudah tersedia untuk dapat dibuka oleh pengguna.

Tinggalkan komentar

Filed under tips & trik

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s