Laptop Panas? Penyebab dan Solusi Laptop Panas?


Baru saja memakai laptop beberapa menit, Anda sudah merasakan panas yang muncul dari Laptop, sehingga membuat Anda tidak nyaman saat akan mengetik dan menggunakan Laptop. Kenapa Laptop Anda bisa panas berlebih, berikut ini adalah beberapa penyebab dan solusi kenapa Laptop Panas.

Ventilasi tersumbat debu atau kotoran. Di beberapa laptop akan ditemukan sebuah ventilasi yang berguna untuk menyalurkan panas yang keluar dari Laptop, Nah ada baiknya Anda cek jangan-jangan ventilasi tersebut tersumbat oleh debu atau kotoran sehingga proses pengeluaran panas menjadi tidak lancar.

Suhu Ruangan dimana Anda berada. Perlu juga diperhatikan suhu ruangan dimana Anda berada, kalau Anda berada di ruangan dengan suhu yang panas tanpa AC atau kipas angin, tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap Laptop.

Media dimana Anda meletakan Laptop. Meletakkan Laptop diatas Meja Kaca tentu kondisinya akan sangat berbeda dibandingkan jika Anda meletakkan Laptop di atas Meja Kayu. Laptop yang diletakkan di atas Meja Kaca tentunya akan lebih cepat panas.

Kipas Internal Laptop yang tidak berfungsi dengan baik. Saat kipas yang berada di dalam Laptop tidak berfungsi dengan normal, maka akibatnya Laptop Anda akan mengeluarkan panas berlebih karena tidak ada sistem pendingin di didalamnya.

Over Power. Over power bisa disebabkan karena setting power di Laptop Anda diset untuk kinerja maksimum dimana prosesor dipaksa bekerja pada level tertinggi, bisa juga Anda mengoverclock kecepatan prosesor laptop, sehingga bekerja di atas kecepatan normal.

Menjalankan Aplikasi Berat dengan Intensitas Tinggi, hal kecil lainnya yang juga mempengaruhi panas laptop adalah Anda menjalankan aplikasi yang berat-berat dengan intensitas tinggi, ini bisa dimaklumi karena prosesor Laptop Anda ‘dipaksa’ bekerja berat secara simultan, alhasil maka panas yang dikeluarkanpun menjadi semakin besar.

Solusi lainnya bila laptop panas, Anda bisa menggunakan kipas eksternal yang dipasang dibawah Laptop. Paling tidak kipas ini bisa meminimalisir panas yang dikeluarkan oleh Laptop Anda.

Meninggalkan komentar

Filed under tips & trik

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s